Penyebab mata belekan

Tidak Selalu Alergi dan Infeksi, Ini Dia Beberapa Penyebab Mata Belekan

Mata belekan kadang kali dianggap sebagai tanda infeksi atau alergi, namun ada banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, terutama saat bangun tidur, dan meskipun sering kali tidak berbahaya, belekan bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan mata yang perlu kamu atasi dengan tepat. Berikut ini beberapa penyebab mata belekan yang perlu kamu ketahui.

1. Mata Kering

Mata yang kering sering kali menghasilkan lebih banyak kotoran atau belekan sebagai respons tubuh terhadap kurangnya pelumas alami di mata. Saat mata tidak cukup lembap, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak cairan untuk menjaga kelembapan. Produksi berlebihan ini dapat menyebabkan belekan, terutama saat bangun tidur. Kondisi ini dapat diperparah oleh paparan AC, Udara yang kering, atau penggunaan lensa kontak yang berlebihan.

Menggunakan obat tetes mata seperti Insto Dry Eyes dapat membantu melembapkan mata dan mengurangi risiko mata kering serta belekan.

2. Debu dan Polusi

Paparan debu dan polusi udara dapat memicu iritasi pada mata, yang mengakibatkan produksi kotoran berlebih. Polusi udara, asap, atau debu yang masuk ke dalam mata dapat memicu mata untuk mengeluarkan kotoran sebagai perlindungan alami. Ini adalah salah satu penyebab mata belekan yang sering kali tidak disadari, terutama jika kita sering beraktivitas di luar ruangan.

Menggunakan kacamata pelindung ketika berada di lingkungan berdebu atau penuh polusi bisa menjadi langkah pencegahan supaya mata terjaga.

3. Blefaritis

Blefaritis adalah kondisi di mana kelopak mata mengalami peradangan dan biasanya menyebabkan belekan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang hidup di kulit atau ketidakseimbangan minyak pada kelopak mata, yang kemudian menyebabkan iritasi dan pembentukan kotoran di sekitar mata. Blefaritis tidak selalu serius, tetapi jika tidak diatasi, bisa menyebabkan gejala yang lebih parah, termasuk belekan yang terus-menerus.

4. Kondisi Medis Lainnya

Selain kondisi-kondisi yang telah disebutkan, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan mata belekan, seperti infeksi sinus atau penyakit mata lainnya. Misalnya, saluran air mata yang tersumbat bisa mengakibatkan keluarnya kotoran dari mata karena cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik. Jika belekan disertai dengan gejala lain seperti nyeri atau penglihatan kabur, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kamu bisa gunakan obat tetes mata seperti Insto untuk meredakan gejala iritasi dan menjaga mata tetap lembap. Menjaga kebersihan mata dan menggunakan produk yang tepat seperti Insto dapat membantu meredakan gejala belekan dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Jika gejala berlanjut atau semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *